Kesalahan Blogger Pemula yang Sering dilakukan Saat Ngeblog

Bedlimciti Kampung Blogger || Kesalahan Blogger Pemula yang Sering dilakukan Saat Ngeblog || Hallo poro sedulur pie kabare sehat to. ketemu maning karo aku bocah bocah bedlim, masih seperti biasa sebelum kita lanjut, postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang cara membuat Blog di Blogger, Setelah selesai kita akan Lanjut tentang belajar optimasi Seo, Adsense dan Trik dan Tips Jitu yang lainnya. Pokok nya admin akan terus tuangkan ilmu untuk Poro sedulur biar bisa dan paham tentang Blogger.

Kesalahan Blogger Pemula

Belajar Ngeblog


Sebelumnya admin sudah bahas apa itu blog, kenapa ngeblok, nah kali ini admin akan melanjutkan materi yang sempat tertunda kemarin, tak panjang lebar langsung saja kita sama sama bahas.

Dari Mana Harus Memulai Ngeblog...?

Untuk memulai ngeblog sebenarnya tidak terlalu sulit dan sebenarnya mudah, tetapi kebanyakan orang dibuat bingung oleh dirinya sendiri. Naahh maka dari itu admin akan memberikan dari mana dulu untuk memulai ngeblog, mohon disimak dibawah ini :

1.) Tentukan Tujuan
Apakah tujuan ngeblog itu penting? "Sangat penting". Jika kita tidak memiliki tujuan maka sudah pasti blog kita nantinya akan tidak jelas arah tujuannya akan kemana, dan kita juga menjadi tidak konsisten dalam mengurus blog kita.

Ngeblog itu butuh waktu, tenaga, dan pikiran. Jangan sampai semuanya terbuang sia-sia karena tidak memiliki tujuan yang jelas.

2.) Tentukan Topik
Pilihlah topik yang benar-benar sedulur minati sesuai dengan hobi atau keahlian sedulur. Jika sedulur memilih topik yang sedulur sendiri tidak begitu suka, maka blog sedulur tidak akan bertahan lama.

3.) Pilih layanan ngeblog
Banyak sekali layanan yang dapat kita gunakan untuk ngeblog, seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dan lain sebagainnya. Semuanya punya kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Tapi menurut saya Blogger.com adalah pilihan tepat buat sedulur. Selain karena gratis, blogger.com sangat mudah digunakan untuk pemula.

Silakan kunjungi DI SINI untuk membaca tutorial ngeblog di blogger.com.

4.) Mulai Menulis
Jika sedulur sudah memiliki blog maka yang paling penting adalah mengisi blog sedulur dengan tulisan. Mulailah menulis apa saja yang ingin sedulur tulis sesuai dengan topik yang sudah sedulur tentukan.

5.) Mempercantik blog
Hal yang sebenernya tidak begitu penting dilakukan oleh blogger pemula tapi gak ada salahnya kalo dilakukan asal tidak berlebihan.

Sedulur bisa mengganti template atau tampilan blog sedulur dengan yang lebih bagus, memasang widget-widget agar semakin indah dipandang, dan lain-lain. Tapi ingat! jangan berlebihan karena kebanyakan blogger pemula ketagihan gonta-ganti template atau tampilan yang akhirnya hanya membuang-buang waktu.


Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula

Kesalahan Blogger Pemula

Setelah sedulur tahu bagaimana memulai ngeblog, maka sebaiknya sedulur menyimak beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula agar sedulur tidak perlu melakukan hal yang sama berikut ini:

1.) Terlalu sibuk dengan tampilan
Seperti yang sudah admin singgung sedikit di atas, kesalahan yang hampir dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula adalah terlalu sibuk dengan tampilan blog. Gonta-ganti template, pasang-copot widget, dll.

Memiliki tampilan blog yang keren memang bagus, tapi yang akan membuat blog sedulur menjadi besar dan dikenal banyak orang bukanlah karena tampilan, tapi karena konten sedulur sajikan di blog.

2.) Mementingkan kuantitas daripada kualitas
Blogger pemula biasanya berlomba-lomba untuk mengisi blognya dengan tulisan sebanyak mungkin dengan harapan bisa dengan cepat mendapatkan banyak pengunjung tanpa mempedulikan apakah postingannya hasil nulis sendiri atau hasil jiplak tulisan blogger lain.

3.) Terlalu banyak membaca informasi tapi minim praktek
Sebagai seorang blogger pemula biasanya rasa keingintahuannya sangat besar. Baca ini baca itu sampai kepalanya penuh dengan informasi dan bingung yang mana yang harus dipraktekan. Lebih baik sedikit informasi tapi benar-benar dipraktekan dari pada kebanyakan informasi tapi sama sekali tidak digunakan.

4.) Tidak konsisten
Di awal-awal sangat rajin mengupdate posting secara rutin setiap hari, tapi setelah itu tiba-tiba menghilang entah kemana. Mengupdate blog secara rutin memang sangat bagus, tapi konsistensi menurut saya jauh lebih penting.

5.) Membahas terlalu banyak topik
Apakah masalah kalo membahas banyak topik? sama sekali tidak. Tapi yang pasti blog sedulur akan sulit berkembang, tidak memiliki keunikan, tidak memilki jati diri, dan akan sulit mendapatkan pembaca setia.

6.) Terlalu terobsesi dengan statistik blog
Seorang blogger pemula biasanya akan sangat rajin mengecek jumlah pengunjung, ranking alexa, pagerank, dan lain sebagainya. Sehari bisa mengecek sampai ratusan kali. Padahal hal tersebut tidak akan membantu menambah jumlah pengujung blog sedulur dan hanya akan membuang-buang waktu.

7.) Membuat terlalu banyak blog
Jujur cukup blogger-blogger yang sudah berpengalaman yang mengelola banyak blog, puluhan bahkan sampai ratusan. Tapi khusus bagi pemula sangat tidak disarankan membuat terlalu banyak blog karena akan membuat tidak fokus.

Meskipun sobat bukan lagi pemula saya rasa mengelola banyak blog bukanlah sebuah keharusan. Semua tergantung dari tujuan sobat. Jika sobat ingin membuat blog agar bisa populer dan bertahan lama, maka tidak ada alasan untuk mengelola banyak blog.

8.) Terlalu berambisi mendapatkan uang secara cepat
Tidak bisa dipungkiri banyak blogger yang memulai ngeblog karena ingin mendapatkan uang. Mereka beranggapan mendulang uang dari blog bisa dilakukan dalam waktu semalam, padahal tidak demikian. Butuh waktu, usaha dan konsistensi.

Saya sendiri baru bisa menghasilkan uang setelah dua tahun ngeblog. Waktu yang cukup lama memang mengingat saya memulai benar-benar dari nol. Sedulur mungkin bisa lebih cepat atau lebih lama. Yang jelas butuh waktu, usaha dan konsistensi.

9.) Tidak memanfaatkan mesin pencari Google dengan maksimal
Jangankan cuma masalah blog, informasi apapun bisa kita temukan dengan mudah di google. Jadi manfaatkanlah Google dengan baik untuk belajar ngeblog.



Untuk mendapatkan Artikel terbaru setiap Update, silakan masukan E-Mail Anda di Kolom bawah ini 
(Dijamin ini bukan SPAM dan Rahasia E-Mail Anda tetap kami jaga!)
:

0 komentar