Cara Membuat Menu Drop Down

Cara Membuat Menu Drop Down || Salam Bedlimciti, Lagi lagi ketemu dengan materi seperti ini. Untuk Para Blogger yang sudah lama dan Profesioanal, pastinya sudah tak heran lagi dan tidak akan bertanya tanya lagi. Tetapi Buat Para pemula yang baru terjun di dunia blogging masih bingung. Apa itu Menu Drop down. Taunya sih menu menu yang standar. Ok poro sedulur kali ini admin akan menjelaskannya.
Cara Membuat Menu Drop Down

Pengertian Menu Drop Down

Jadi Begini Sebuah menu drop-down adalah elemen kontrol grafis, mirip dengan kotak daftar , yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu nilai dari daftar. Ketika daftar drop-down tidak aktif, akan menampilkan nilai tunggal. Ketika diaktifkan, ini akan menampilkan (turun ke bawah) daftar nilai, dari mana pengguna dapat memilih salah satu. Ketika pengguna memilih nilai baru, kontrol beralih ke keadaan tidak aktif tersebut, menampilkan nilai yang dipilih. Hal ini sering digunakan dalam desain antarmuka pengguna grafis, termasuk desain web .

Itulah Penjelasannya yang secara gamblangnya dan mudah untuk di mengerti. Nah sekarang kita lanjut Ke Topik pembahasan. Yaitu Cara membuat Menu Drop Down.

Cara Membuat Menu Drop Down

Untuk menghemat tempat pada halaman template terutama pada bagian sidebar, yang biasa digunakan untuk meletakkan berbagai link atau sejenisnya. Kadang kita perlu meringkas agar tidak memenuhi halaman pada sidebar.

Salah satu cara untuk meringkas tersebut kita bisa menggunakan sebuah menu, yang di sini kita bisa memanfaatkan menu Drop Down. Meskipun pembuatannya cukup sederhana namun bagi para blogger ini sangat bermanfaat.
  • Untuk membuatnya login dulu ke blog sobat.
  • Pilih tata letak.
  • Tambahkan Gadget
  • Pilih HTML/JAVAScrip
  • Masukkan kode di bawah ini pada bagian konten

    <select name="menu"oncange="window.open(this.option[this.selectedIndex].value;">
    <option value=0 selected>JUDUL MENU</option>
    <option value="http://URL/" >Judul artikel 1</option>
    <option value="http://URL/" >Judul artikel 2</option>
    <option value="http://URL/" >Judul artikel 3</option>
    </select>
  • Ganti yang warna merah dengan alamat link sobat.
  • Klik simpan

Lihat perubahan pada blog sobat, jika benar hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini:


JAdi mudahbukan cara membuatnya, langsung saja poro sedulur untuk mempraktekkannya. dan jangan lupa sering sering berkunjung di blog bedlimciti, untuk melihat tutorial tutorial yang lainnya, yang pastinya tentang dunia Blogging.

0 komentar