Tips dan Trik SEO Jitu (Search Engine Optimization) Memaksimalkan SEO Website

Trik Seo Jitu || Tips dan Trik SEO (Search Engine Optimization) Memaksimalkan On-Page  SEO Website ➽➽➽Tahun ini tentunya menjadi momen terbaru untuk Kalian semua, apalagi akan ada banyak sekali update terkait beberapa informasi khususnya bagi yang ingin meningkatkan SEO di tahun ini. Algoritma mesin pencari Google tentunya mempunyai banyak sekali metode pencarian untuk menampilkan hasil yang relevan bagi pengguna.

SEO, atau optimasi mesin pencari, adalah metode dan atau strategi yang digunakan untuk menentukan peringkat sebuah situs web dan konten yang lebih tinggi di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo, untuk menghasilkan lalu lintas organik terbaik.
Memaksimalkan On-Page  SEO Website


Pada Kesempatan kali ini akan membahas secara lengkap Tips dan Trik apa yang harus dilakukan untuk memaksimalkan SEO website / Blog anda di tahun ini.

18 Tips dan Trik SEO (Search Engine Optimization) Memaksimalkan On-Page  SEO Website


1. Tentukan Prefered Domain Website www vs non-www Domain

Hal ini menjadi pertimbangan pengguna pertama kali, namun hal ini harus menjadi keputusan Anda untuk memutuskan menggunakan prefered Domain www atau non-www Domain.

2. Setup Friendly Permalinks

Permalink merupakan struktur URL yang muncul pada address bar website Anda. Hal ini tentunya akan meningkatkan kualitas dimana robot mesin pencari akan membaca url Anda dengan baik. Jika Anda pengguna WordPress, maka pilihlah “Post name” untuk permalink Anda.

3. Riset Kata Kunci, dan Fokus mengembangkannya

Hal ini tentunya bukan rahasia umum lagi yang digunakan oleh pakar SEO. Anda harus konsisten menanamkan kata kunci pada halaman website Anda. Hal ini karena menjadi kekuatan Anda tersendiri. Bagaimana cara menguatkan kata kunci, cara termudah adalah dengan mengulang kata kunci tersebut pada halaman artikel yang Anda buat.

4. Importance of Title Tags, Meta Descriptions, Meta Keywords

Judul pada postingan atau halaman page sangat penting. Jangan pernah mengabaikan judul postingan. Hal ini dikarenakan mesin pencari akan melacak Judul Postingan Anda sehingga Akan membantu mesin pencari dalam menampilkan hasil pencariannya. Tidak h..anya itu, Anda juga harus melakukan setting manual pada Meta Deskription Postingan Anda. Hal ini akan mempermudah dan tentunya akan membantu Anda untuk mengoptimalkan kata kunci pada website Anda. Bagaimana dengan meta keyword? beberapa pakar mengemukakan bahwa hal ini tidak diperlukan lagi, namun Anda juga perlu melakukan settingan manual untuk menentukan beberapa target keyword Anda dengan mudah.

5. Header Tags – H1, H2, H3

Header Tag sangat penting dimana akan mempermudah mesin pencarian dalam menentukan Tag pada judul Anda.

6. Image Alt Tags and Title Tags

Sangat jelas, karena mesin pencari tidak dengan maksimal dalam membaca gambar. maka pastikan Anda menggunakan tag ALT dan TITLE pada gambar Anda.

7. Content is King

Buatlah konten Anda secara natural, dan konten merupakan hal yang paling penting yang harus Anda prioritaskan. Pastikan konten yang Anda buat tidak terlalu pendek atau terlalu panjang, minimal Anda bisa membuat postingan hingga terdiri minimal 500 suku kata. Keuntungan lain dari konten berdurasi panjang adalah bahwa dari waktu ke waktu Anda juga akan mulai peringkat untuk tidak hanya kata kunci fokus Anda.

8. Importance of Dofollow vs NoFollow Links

Dofollow Link merupakan konsep merayapi situs web dan ketika menemukan link dofollow melewati link antara mereka dan situs mereka terkait dengan link tersebut. Hal ini membantu membangun otoritas dan mempengaruhi peringkat Anda di Google. namun, hal yang perlu Anda ketahui adalah memastikan bahwa dofollow link Anda tidak banyak mengarah ke website luar, hal ini dikarenakan akan mempengaruhi pandangan mesin pencari akan banyaknnya internal link dibandingkan eksternal link. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas backlink website Anda.

9. Add High Domain Authority

Berkebalikan dengan yang sebelumnya, nah pastikan website Anda mendapatkan banyak link ekternal yang mengarah ke website Anda. Pastinya Anda harus selektif untuk memilih link yang berkualitas untuk website Anda.

10. Sitemaps

Peta situs yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yandex untuk ambil hirarki dan struktur website Anda serta memastikan merangkak lebih baik. Anda harus mendaftarkan website Anda untuk membuat Sitemaps pada website Anda.

11. Submit Sitemap to Google Search Console / Bing Site

Hal ini sangat penting untuk mendaftarkan pertama kali website Anda agar dapat terindex dengan cepat pada mesin pencari. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi untuk memasukkan website Anda dan memastikan terdaftar di mesin pencari seperti Google, yahoo, bing, dll

12. Force Crawl for Faster Indexing

Jika anda merasa website Anda belum juga terindex oleh mesin pencari ? pada Google webmaster biasanya menawarkan bantuan untuk menyuruh robot mesin pencari untuk mengecek website Anda.

13. Utilize Social Signals

Pastikan Website Anda juga terhubung dengan berbagai Social media seperti Facebook, Twitter, Google Plus dll. Karena social media mempunyai referall link yang sangat bagus untuk meningkatkan kualitas halaman website.

14. Gunakan HTTPS

Seperti yang kita ketahui, dengan memanfaatkan https makan Website Anda akan dicap aman oleh mesin pencari, selain itu juga akan meningkatkan kepercayaan pengguna dalam mengakses website Anda. Anda bisa mendapatkan layanan ini secara Gratis dengan berlangganan Hosting Murah di IDCloudHost.

15. Schema Markup and Social Markup

Skema markup pada dasarnya adalah kode tambahan yang membantu mesin pencari seperti Google memberikan data lebih banyak dan lebih baik untuk pengunjung. Nah, kalau Social Markup sama dengan Schema namun ini lebih mengarah ke Social Media.

16. Local SEO

Hal ini sangat penting untuk mempermudah Anda memaksimalkan hasil pencarian dengan market atau target lokal seperti Indonesia. Google menyediakan Google Bisnisku yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan hasil pencarian Lokal.

17. Website Speed and Responsive

Mesin pencari seperti Google sangat mempertimbangkan kualitas website baik itu dari kecepatan akses dan tampilan. Pastikan website Anda dapat diakses dengan menggunakan perangkat apapun dan pastikan juga website Anda dapat diakses dengan sangat cepat. Hindari konten yang tidak diperlukan atau bisa juga gambar yang dirasa memberatkan saat diakses oleh pengguna.

18. Fix Broken Links and improve backlink

Broken link merupakan masalah yang harus diatas pengguna untuk memaksimalkan SEO Anda. Selain itu tingkatkan juga kualitas Backlink yang Anda miliki pada website Anda.

Demikian beberapa tips dan Trik yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan SEO Anda di tahun ini. Ada tambahan? jangan lupa Komen untuk menambahkan beberapa poin menurut pemikiran Anda. Semoga bermanfaat!

0 komentar